PRODUK UNGGULAN KOPERASI MITRA JAHTERA (SIMIRA)

uang indonesia

Persoalan kemiskinan, pengangguran, kriminalitas dan buruknya sanitasi serta hieginitas lingkungan hidup di sekitar kita adalah persoalan serius yang seringkali ditemukan dan terjadi hampir di seluruh pelosok nusantara ini.

Fenomena ini telah berkembang menjadi fenomena yang lumrah dan biasa, sehingga masyarakat cenderung menjadi apatis, tidak peduli bahkan ada yang sengaja membiarkannya.

Menurut Muhammad Yunus, peraih Nobel Perdamaian tahun 2006, yang telah berhasil menerapkan konsep “Grameen Bank” dalam membantu pengentasan kemiskinan, dikatakan bahwa persoalan kemiskinan yang telah menjadi lingkaran setan kehidupan, tidak cukup diatasi hanya dengan memberikan santunan atau bantuan, akan tetapi harus berawal dari keinginan dan kerja keras yang sungguh-sungguh dari mereka untuk segera keluar dari kemiskinan tersebut.

Berangkat dari pemikiran tersebut di atas serta sebagai salah satu solusi efektif, didirikanlah Koperasi Mitra Jahtera yang aktivitas utamanya adalah kegiatan bisnis yang menguntungkan sekaligus membantu mengatasi persoalan lingkungan hidup.

Koperasi ini fokus pada usaha jasa keuangan syariah, dengan menghimpun permodalan dari anggota serta menyalurkannya kembali kepada  anggota yang membutuhkannya, dengan memadukan konsep Bank Sampah serta operasional yang lazim dilakukan oleh Koperasi Simpan Pinjam.

Target pasar yang dibidik menjadi anggota dari Koperasi ini adalah seluruh masyarakat yang mempunyai visi, misi dan kepedulian yang sama yang berdomisili di Tangerang Selatan dan sekitarnya.

Produk permodalan yang diunggulkan adalah produk “Simpanan Sampah” yaitu pemanfaatan nilai ekonomis dari pengelolaan sampah milik anggota berdasarkan prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle), serta produk “Simpanan Koin Recehan” yang memanfaatkan penghimpunan uang koin atau uang recehan dari anggota yang seringkali dianggap tidak mempunyai nilai uang.

Seluruh simpanan yang terhimpun, termasuk setoran pokok dan simpanan permodalan lainnya dari anggota biasa, akan diprioritaskan untuk disalurkan kembali kepada anggota yang mempunyai usaha produktif sebagai tambahan modal kerja dan investasi atau untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan/sekolah atau kebutuhan lainnya.

Pengelolaan Koperasi dilakukan oleh tenaga profesional yang terdidik dan berpengalaman dengan sistim Tata Kelola Perusahaan yang efektif dan transparan sesuai ketentuan yang berlaku, dimana seluruh anggota yang bergabung juga akan dilindungi oleh asuransi jiwa syariah.

Seluruh fasilitas dan layanan yang diberikan mempunyai margin atau bagi hasil yang kompetitif, serta tidak ada biaya administrasi untuk produk simpanan, agar Koperasi mampu memberikan layanan dan produk yang terbaik dan memuaskan bagi anggotanya.

Ayo bergabung dan menggapai kesejahteraan bersama dengan kami!

Leave a comment